Manusia Berharga // Created To Be Loved

10:00



“You are created to be loved.”

Dan sampailah disaat gue duduk santai dihari sabtu nonton The Shack, setelah melihat postingan Ce Dewi tentang film ini. Jujur aja gue beberapa kali merinding dan melongo pas nonton film ini saking nyambungnya ke kehidupan kita sehari-hari. Salah satu hal yang gue dapat dari film ini adalah betapa kita itu sangat amat berharga dimata Tuhan. Gue seketika gue keinget bokap. Why? Bokap itu jarang nanya gue butuh apa, tapi beliau selalu noticed sendiri dan kaboom, apa yang gue butuhkan pun terpenuhi. Beliau itu saking pedulinya sama gue, sampai beliau seringkali pastikan kalo keadaan gue aman-aman aja. Iya, gue sadar kalo Tuhan dan bokap gue itu ga bisa dibandingkan tapi in a sense, gue bisa ngerasain segimananya Tuhan sayang sama gue itu sama kayak segimana bokap sayang, perhatikan dan peduli sama hidup gue. Kalo mau dipikir-pikir, apa sih yang udah gue kasiin ke bokap sampe beliau bisa se-sayang itu sama gue? Yang ada justru gue mulu yang terima segala sesuatu dari beliau. Beliau curahkan rasa sayangnya tanpa expect gue bakal ngelakuin hal yang sama ke beliau. Bayangin aja, Papa dibumi aja bisa sesayang itu, apalagi Bapa di Surga.

Okay there're times –entah jarang atau sering, entah sepintas atau kebawa pikiran–dimana ada hal yang membuat kita kinda questioning God, “sebenarnya Tuhan sayang ga sih sama gue?atau Kenapa sih gue harus alamin ini?”

Bokap gue adalah sosok yang super istimewa didalam kehidupan gue dan kehilangan beliau tentunya merupakan pukulan terbesar yang pernah gue alami. Kalau lu sempat baca postingan gue sebelumnya, gue sempat ngebahas betapa bahagianya gue ketika gue lahir ke dunia ini dan Tuhan memilih gue jadi bagian keluarga yang gue punya sekarang. Udah lebih dari sepuluh bulan gue enggak bisa lagi ngeliat bokap, denger suaranya ataupun manja-manjaan ke beliau. Beliau sudah menghadap ke Yang Empunya Hidup. Pertanyaannya: Suzan sudah bisa overcome kehilangan papa? Well, bohong banget kalo gue bilang gue udah bisa overcome sedih gue sejak hari dimana beliau pergi. The truth is, I’ve been tryin my best. Jalani hidup sehari-hari mungkin terasa biasa aja –karena toh gue anak rantau, dari dulu ga satu kota sama orangtua jadi kadang gue ngerasanya bokap masih ada, cuman lagi beda kota aja. Kemudian diwaktu yang lain, gue sadar kalo beliau udah ga ada lagi. Yang gue alamin -kehilangan salah satu orang tua obviously terlihat menyedihkan. Well yeah it is sad. Tapi apa Tuhan jahat? ABSOLUTELY NOT. Gue percaya bahwa semua skenario yang terjadi di hidup gue sampai detik gue ngetik ini adalah skenario yang terbaik.

“Pain has a way of doing that to us. It is left unresolved; you can forget what you were created for.”

Seringkali kita lebih fokus ke masalahnya dibanding Sang Sutradara. Masalah hidup yang ada seringkali buat kita lupa kalau we are in the center of God’s love and purpose. Well menurut gue manusiawi aja kalau kita punya kecenderungan untuk lebih berfokus sama apa yang ada didepan mata: masalah. Tapi ayo yuk kita semua belajar untuk selalu mengingatkan diri sendiri bahwa kita itu sangat amat berharga dimataNya.

Kemudian muncullah pertanyaan–yang gue sendiri pernah beberapa kali dapat ketika cerita-cerita santai sama temen-temen: Ah, kalau Tuhan sayang sama gue, kenapa coba hidup gue kayak begini? –dan seringkali gue menjelaskan dengan semua macam penjelasan dari yang terdengar klise sampai yang realistis. Tapi gue seneng banget waktu denger kata-kata di The Shack:
I can work incredible good out of unspeakable tragedies, but doesn’t mean I orchestrate the tragedies. Grace doesn’t depend on suffering to exist, but where there is suffering, you will find grace in many facets and colours.” 

Gue personally belajar beberapa hal dari kalimat diatas:
   1.     Kalau ada masalah dalam hidup kita, jangan langsung salahkan Tuhan. sometimes
     emang kita sendiri yang menyebabkan masalah jadi ada. 
   2.    Selalu ada kasih karunia didalam setiap kejadian didalam hidup kita
   3.   Percayakan hidup kita sepenuhnya sama Tuhan, Sang Sutradara yang tiada tandingannya

Ngelakuinnya gampang ga? Well, dekat sama Dia, dan selalu ingetin diri lo sendiri that He’s especially fond of you dan belajar bersyukur! Namanya manusia ya –kagak sempurna, ada jatuh bangunnyatapi bukan berarti kita berhenti berusaha. Kalau kata Sarayu di The Shack, Wild, wonderful and perfectly in process”. So just don’t be so hard on yourself. Berhubung kita semua -lo dan gue-– bukan  manusia sempurna, ayo nikmati proses belajar inisambil selalu ingat kalo Dia sangat amat sayang sama kita semua!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Search This Blog